bRionZ
  1. Oka bRionZ
  2. Nama Domain Itu Apaan Sih?

Kenapa pake nama domain segala ya?, kan repot harus bayar per/ tahunnya. Iya juga sih kalo mau punya nama domain kita harus bayar pertahun dengan biaya sesuai eksistensi yang kita suka. Misalnya okabrionz.com, Saya sewa nama domain ini sekitar Rp. 150.000,- / per tahunnya.

Si Kepo: Kenapa atuh ente rela bayar tiap tahun buat nama domain?

Ane: Karena kalo ga pake nama domain bisa ribet agan ngunjungin lagi website ane, kan kalo sekarang mau baca lagi artikel lain yang ane bikin tinggal ketik aja okabrionz.com di si mbah google iya kan?. Coba bayangin kalo tanpa nama domain, buat nyari si om gugel aja bisa sampe 5x salah kalo misalkan pake alamat IP. 192.168.100.193 (Alamat IP acak entah punya siapa). Nah gan kalo ga pake nama domain, ente harus langsung menuju alamat IP yang nge-hosting website tersebut. Gimana jadinya coba kalo tiap mau cari sesuatu harus menuju alamat IP dulu?.

Si Kepo: Ohh… Gitu doang rupanya, kaya nomor HP dong kalo tanpa nama domain ya?

Ane: Yoi gan, Jangankan alamat IP yang pake titik-titik gitu, nomor HP sendiri aja kadang salah tulis kalo beli pulsa hahaha. Oiya gan, Selain bisa bikin website, ente juga bisa berinvestasi lho di nama domainnya.

Si Kepo: Wew, masa iya? gimana bisa kok Investasi di nama domain hahaha…

Ane: *sambil ngelirik dikit mukanya si kepo yang kadang oon itu* ane jawab aja… Agan kepo yang ganteng dan kadang cantik… nama domain itu cuma bisa di daftarkan 1x aja dan tidak ada duplikatnya, kecuali beda ekstensi kaya .com, .net, .org, .info, .id, atau .co.id. contohnya okabrionz.com, nah ente ga bisa daftarin lagi tuh nama okabrionz.com, tapi mungkin kalo nama okabrionz.net, okabrionz.org, atau okabrionz.info bisa gan begitu bunyinya.

Jadi dengan kesimpulan kalo “nama domain tidak bisa di duplikasi”, disitulah ada peluang tersembunyi. banyak orang hidup di eropa, amerika, dan belahan dunia lainnya sebagai full domainer (tukang jual/beli nama domain) karena bisnis domain adalah bisnis yang sangat besar.

Contoh simpelnya ente beli nama domain abcde.com dengan harga $12, terus tiba-tiba ada perusahaan yang namanya abcde dan pengin bikin toko online tuh dia gan, nah apa boleh buat lagi orang nama domainnya udah ente daftarin po, ya dia beli sama ente dengan harga yang disetujui contohnya perusahaan abcde berani beli nama domain yang tadi ente daftarin seharga $1000 atau puluhan ribu USD kan keren tuh gan iya kan?.

cukup sekian dan tararengkyu, mudah-mudahan mangpaat, amin.

Terbaru